Seorang pramuka sejati harus bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat

Ungaran. Kwartir Cabang Semarang melaksanakan Apel Pembukaan kegiatan Aksi Pramuka Peduli Karya Bakti Lebaran Tahun 2021 (APPKBL21) dihalaman Gedung PMI Kab. Semarang yang diikuti oleh Anggota Pramuli, Dewan Kerja Cabang, Ubaloka Kwarcab Semarang, serta Gugusdepan diwilayah Kwaran Ungaran Barat. Senin (10/05/2021).


Kegiatan APPKBL21 secara resmi dibuka oleh Waka Humas Kwarcab Semarang Kak Sutrisno yang pada kesempatan ini mewakili KaKwarcab Semarang Kak Sukaton yang berhalangan hadir karna ada tugas dinas yang tidak bisa ditinggalkan. Dalam amanatnya Kak Tris menyampaikan kepada peserta apel untuk selalu mengamalkan kode etik Gerakan Pramuka, “Tri Satya dan Dasadarma adalah Janji dan ketentuan moral, karena itu Dasa Dharma memuat pokok-pokok moral yang harus ditanamkan kepada anggota pramuka agar dapat berkembang menjadi manusia berwatak warga negara Republik Indonesia yang setia, dan sekaligus mampu menghargai dan mencintai sesama manusia serta alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.”katanya dengan Tegas.


Sedangkan dalam arahannya, Sekretaris Bidang Abdimas yang juga Pengurus Pramuli Kwarcab Semarang Kak Ronald Adi Kencana menyampaikan agar kegiatan yang positif ini menjadi sarana bagi peserta kegiatan dalam mengamalkan Kode Etik Gerakan Pramuka, terutama dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. “Saya harap kegiatan ini bukan hanya sekedar jaga posko, tapi juga ada aksi yang turun kejalan ditempat keramaian, membantu lalu lintas dan penyebrangan”. imbuh Kak Adi, memberi arahan kepada peserta APPKBL21.


Kegiatan yang bertujuan untuk menunjukkan rasa kepedulian serta sebagai konstribusi nyata anggota Gerakan Pramuka kepada masyarakat yang membutuhkan ini dilaksanakan serentak diKwartir Cabang se-Kwarda Jawa Tengah. Ditahun ini Pramuka Peduli (Pramuli) Kwarcab Semarang dalam melaksanakan APPKBL21 berkerja sama dengan PMI Kab. Semarang serta Orari Lokal Ungaran dengan bentuk kegiatan pendirian Posko Lebaran yang direncanakan akan berlangsung dari 10 s.d 16 Mei 2021. Dari hasil Rapat Koordinasi Bidang Abdimas, Pengurus Pramuli Kwarcab Semarang bersama Kwaran se-Kwarcab semarang hari Sabtu 8 Mei 2021, kegiatan serupa juga terlaksana dibeberapa Kwaran diwilayah Kwarcab Semarang anatara lain Kwaran Suruh, Tengaran dan Ambarawa.


Hadir pula dalam Apel Pembukaan kegiatan APPKBL21 Sekretasis Cabang Semarang dan Pembina Gugusdepan SMA 2 Ungaran yang ikut serta memberi suport kepada kegiatan ini.


Foto : Dok APPKBL21
Narasi : Humas