KWARCAB SEMARANG MENGGELAR SELEKSI CALON PESERTA JAMBORE NASIONAL 2022

Ungaran. Kwartir Cabang Semarang menggelar seleksi calon peserta Jambore Nasional (JAMNAS) Tahun 2022 pada hari Sabtu-Minggu, 23-24 April 2022 di Aula Disdikbudpora Semarang. Kegiatan diikuti sebanyak 61 Pramuka Penggalang dari berbagai gugus depan di Kwarcab Semarang.

Waka Binamuda Kwarcab Semarang Kak Gogo Widiyatmoko,S.Pd,M.Pd selaku Pembina Upacara dalam Pembukaannya mengapresiasikan keinginan para peserta yang ikut menjadi duta Kwarcab Semarang sebagai kontingen Jamnas Tahun 2022, mengingat jamnas diselenggarakan Kwartir Nasional setiap 5 (lima) tahun sekali, sehingga banyak peserta Penggalang sangat tertarik dan berkeinginan menjadi peserta Jamnas.
“Jambore Pramuka Penggalaang adalah kegiatan krekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitik beratkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik secara individu maupun sebagai anggota masyarakat.” Jelas Kak Gogo.

Jambore Nasional XI 2022 diselenggarakan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan yang Berbhineka Tunggal Ika serta berupaya mewujudkan manusia Indonesia yang memiliki kualitas keimanan dan ketaqwaan, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berjiwa Pancasila.

“Kwartir Cabang Semarang yang terhimpun di dalam Kontingen Kwartir Daerah Jawa Tengah, juga akan berpartisipasi dalam perhelatan lima tahunan tersebut dengan mengirimkan para Pramuka Penggalang terbaiknya dimana akan terpilih melalui berbagai tahapan seleksi yang terbuka, ketat, dilaksanakan secara terukur, komprehensif, transparan dan akuntabel dengan sistem terbuka guna mengukur sikap mental dan kemandirian calon peserta.” tambah Kak Gogo.

Koordinator tim seleksi calon peserta Jamnas, Kwarcab Semarang, Kak Dwi menyampaikan seleksi Jambore Nasional merupakan ajang seleksi bagi peserta Pramuka Penggalang perwakilan Gugus depan atau Kwartir Ranting yang nantinya akan mewakili Kwarcab Semarang pada Jambore Nasional yang rencana akan dilaksanakan di Cibubur, Jakarta pada tanggal 13-22 Agustus 2022. Pada kegiatan ini peserta seleksi ditingkat cabang merupakan Pramuka Penggalang terbaik yang dipersiapkan oleh masing-masing Gugus depan atau Kwartir rantingnya. Peserta seleksi sebanyak 61 peserta yang terdiri dari 30 putra dan 31 putri.

Seleksi Jambore Nasional dilaksanakan secara terbuka, ketat oleh tim penilai dengan melihat kemampuan kecakapan masing-masing peserta. Materi seleksi meliputi : Administrasi, Tes Kemampuan Pengetahuan Kepramukaan dan umum yang menggunakan Googleform Tekpram dengan soal tertulis sejumlah 35 soal yang terdiri materi sejarah Kepanduan dan kepramukaan AD ART, SKK, TKK, SPG dan 15 butir soal pengetahuan umum terkini. Kemudian Tes Kecakapan Scouting skill meliputi semboyan (Semaphore, Morse), sandi, tali temali, perpetaan dan PBB”.
Peserta juga di uji kesamaptaan jasmani yaitu lari, sit-up dan push up. Serta wawancara interview Kepribadian, Performance, kesehatan dan Interview Bahasa Inggris (Introduce self and activity).

Selain itu peserta juga wajib menampilkan keterampilan dalam bidang seni budaya, diutamakan bisa menari atau memainkan alat musik.


“Mereka akan terpilih sebanyak 16 Pramuka Penggalang yaitu 8 Putra dan 8 Putri yang nantinya akan menjadi utusan Kwartir Cabang Semarang yang terhimpun di dalam Kontingen Kwartir Daerah Jawa Tengah” Pungkas Dwi.

Doc: Humas Kwarcab Semarang

Kwarcab Semarang

Resmi Kwartir Cabang Semarang Jl.