Aksi Pramuka Peduli dalam Karya Bakti Lebaran Tahun 2022

Kunjungan tim monitoring Kwarda Jateng ke Posko Karya Bakti Lebaran Kwarcab Semarang

UNGARAN- Pramuka Peduli Kwarcab Semarang, bersama PMI dan ORARI Kabupaten Semarang menggelar Posko Siaga Lebaran 2022. Kegiatan kemanusiaan tersebut berlangsung Jumat hingga Kamis, 29 April 2022-5 Mei 2022 di Markas PMI Kabupaten Semarang Jalan Gatot Subroto 96 Ungaran.

Koordinator Aksi Kwarcab Semarang, Kak Arif Wahyudi mengatakan, pihaknya melibatkan unsur Andalan Kwarcab Semarang, Anggota Pramuli Kwarcab Semarang, Pramuli Kwarran Ungaran Barat, DKC Semarang, Ubaloka Semarang dan T/D Gugus Depan setempat. Adapun acuan dasar kegiatan itu, Surat Edaran Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah Nomor 374/11-Q tertanggal 13 April 2021 tentang Aksi Pramuka peduli dalam Karya Bakti Lebaran tahun 2022.

“Kami bersinergi dengan instansi terkait sebagai bentuk jejaring. Aksi kemarin sebagai kontribusi nyata anggota Gerakan Pramuka kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Kak Arif Wahyudi.

Selama siaga di posko gabungan tersebut, melalui Bidang Abdimas khususnya Pramuli Kwarda Jateng melaksanakan monitoring sekaligus memberikan dukungan logistik serta arahan kegiatan. Pada kesempatan ini Posko Siaga Lebaran 2022.

Personel yang siaga di posko, juga melayani bantuan pertolongan pertama, layanan ambulans, dan menyediakan tempat istirahat bagi pemudik yang melintas. Dari data diketahui, setidaknya ada dua layanan ambulans dan pertolongan pertama terhadap kecelakaan lalu lintas yang ditangani. Yakni pada, Jumat dan Sabtu 29 dan 30 April 2022.

Personil Pramuli Semarang bersama PMI Kab. Semarang evakuasi korban lakalantas

Aksi Pramuka Peduli dalam Karya Bakti Lebaran, imbuh Arif Wahyudi, menjadi agenda rutin menjelang dan sesudah libur lebaran. Ini sebagai bentuk konstribusi nyata anggota Gerakan Pramuka khususnya Kwarcab Semarang pada bidang kemanusiaan, khususnya pengamalan Satya dan Dharma Pramuka.

Doc: APPKBL22