Kwarcab Semarang Gelar LT III 2022

Sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka, peserta didik harus dipersiapkan sedini mungkin agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat melaksanakan segala tugasnya dalam kehidupan dan penghidupan masyarakat Indonesia. Peserta didik diharapkan nantinya memiliki kekuatan lahir dan batin untuk mengatasi segala kesulitan dan tantangan hidup.


Sejalan dengan tujuan tersebut, Kwartir Cabang Semarang senantiasa menyelenggarakan kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan atas landasan prinsipprinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan. Salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan adalah Lomba Tingkat Regu Penggalang Tingkat Kwarcab (LT III) yang diselenggarakan secara berjenjang dari tingkat gugus depan, Kwartir Ranting, Kwartir Cabang, Kwartir Daerah dan puncaknya di tingkat Kwartir Nasional. Kegiatan dengan format “berlomba” merupakan sifat anak, remaja dan juga pemuda dalam kegiatannya sehari-hari dan dapat digunakan sebagai alat pendidikan dalam mencapai tujuan Gerakan Pramuka. Dalam perlombaan ini, prinsip – prinsip kemanusiaan akan terasah dengan diperkuat keberanian, kreativitas, keuletan, kesabaran, ketekunan, kepercayaan diri, persaingan secara sehat (sportif) yang berkembang menjadi pribadi yang disiplin/patuh, bertanggung jawab, dan mempunyai sifat kepemimpinan (leadership).


Pelaksanaan LT III Kwarcab Semarang tahun 2022 ini masih dalam transisi pasca pandemic Covid-19. Karenanya, dalam pelaksanaan kegiatan ini, protokol kesehatan dalam upaya pencegahan covid-19 akan tetap diterapkan. Semua peserta wajib menerapkan Prokes 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, membawa handsanitizer, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Pelaksanaan kegiatan ini juga akan mengalami penyesuaian dengan tidak mengurangi keseruan dan keceriaan peserta selama berlomba.


Selanjutnya, mengingat kegiatan LT III Kwarcab Semarang tahun 2022 ini adalah lomba, maka diperlukan ketentuan yang mengatur terselenggaranya kegiatan. Karenanya, Petunjuk Teknis LT III Kwarcab Semarang tahun 2022 ini disusun sebagai pedoman bagi penyelenggara maupun Pembina Pramuka Penggalang, agar dalam melaksanakan kegiatan LT III di Kwarcab Semarang yang dimulai tingkat gugusdepan, ranting hingga tingkat cabang lebih terarah, sehingga terdapat standarisasi penyelenggaraan LT III.


Adapun LT II Kwarcab Semarang tahun 2022 akan diselenggarakan pada hari Sabtu s.d. Minggu tanggal 12 s.d. 13 Nopember 2022 bertempat di SMP Negeri 3 Ungaran dengan tema kegiatan “PENGGALANG SEHAT, CERDAS, SEMANGAT, DAN KREATIF”.

Klik Tombol di bawah ini untuk mendownload Edaran dan Juknis LT III Kwartir Cabang Semarang 2022

Kwarcab Semarang

Resmi Kwartir Cabang Semarang Jl.